PELATIHAN PETUGAS PODES 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ilir

Butuh bantuan? Hubungi PESONA OKI (Pelayanan Statistik Online BPS Kabupaten OKI) melalui Live Chat disini atau ke no WA (62)813-800-300-36 

Dapatkan data strategis Kabupaten OKI dalam genggaman anda melalui aplikasi android SI OKI OKE. Download disini

Kunjungi Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir senin - jumat pukul 08.00-15.30 WIB

PELATIHAN PETUGAS PODES 2024

PELATIHAN PETUGAS PODES 2024

25 April 2024 | Kegiatan Statistik


Pada bulan Mei, BPS akan melakukan Pendataan Potensi Desa (PODES) 2024 di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Ogan Komering Ilir. BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir akan melakukan pendataan Podes di 327 desa/kelurahan.


Pendataan Podes merupakan pendataan berbasis wilayah untuk memperoleh gambaran potensi wilayah tersebut. Data yang diperoleh tersebut dapat digunakan oleh pemangku kebijakan untuk menyusun program yang tepat sasaran untuk kemajuan wilayahnya.


Petugas yang memahami konsep dan definisi podes sangat dibutuhkan untuk menghasilkan data yang akurat dan berkualitas. Untuk itu rangkaian pelatihan menjadi salah satu langkah awal untuk menyukseskan pendataan PODES di Kabupaten OKI.


Pelatihan dilakukan dengan metode hybrid 2 hari Online (22-23 April) dan 1 Hari offline (25 April) yang dilakukan di Hotel Ibis Palembang. Pelatihan dilaksanakan di 3 kelas dengan inda yaitu Rico Tantowi Putra, Yuni Purnita, dan Fadhlullah. Pelatihan dibuka dan ditutup langsung oleh Kepala BPS Kabupaten OKI, Ibu Anugrahani Prasetyowari, SST, M.Si.


Pada pembukaan, Ibu hani menekankan kepada petugas untuk dapat melakukan pendataan sesuai SOP yang akan diajarkan oleh inda. Dan pada saat pelatihan petugas harus menyimak dan memahami dengan sungguh-sungguh, karena pendaataan podes akan menghasilkan Indeks Kesulitan Geografis (IKG) dan Indeks Desa (ID) yang sangat ditunggu-tunggu oleh kementerian dan lembaga terkait.


Dalam rangkaian pelatihan, dilakukan role playing dimana calon petugas ada yang berperan sebagai petugas pencacah dan sebagai narasumber. Calon petugas yangg berperan menjadi pencacah melakukan wawancara kepada narasumber untuk seluruh pertanyaan yang ada di kuesioner Podes. Dengan adanya kegiatan ini petugas diharapkan mampu lebih memahami mekanisme pendataan dan lebih siap turun kelapangan.


Menutup rangkaian kegiatan pelatihan calon petugas Podes, Kepala BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir memberikan arahan kepada Petugas Podes 2024 terkait integrasi kegiatan Desa cantik dengan Pendataan Podes. Dengan adanya integrasi ini, diharapkan seluruh desa di Kabupaten OKI dapat menerima pembinaan desa cantik.


Pada kegiatan penutupan juga dipilih peserta terbaik.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering IlirJl. Kapten H. Sulaiman Raden Anom (lintas Sumatera) Kelurahan Jua-jua Kota Kayuagung 30616

Telp (62-712)321015

Faks (62-712) 321015

Mailbox : bps1602@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik